Membuat Efek Teks Pelangi Pada Photoshop dengan Cepat

Halo guys minggu ini kita akan membuat tutorial membuat text warna warni. Gambar  diatas adalah contoh tutorial untuk minggu ini. Gambang banget untuk membuat text warna warni seperti diatas. Karena berhubung saya buat tutorial untuk pemula maka saya akan menjelaskan nya dengan sangat detail.

Dalam tutorial kali ini kita akan membahas terlebih dahulu. Ada dua macam jenis cara untuk mewarnai text pada photoshop. Pertama kita akan mewarnai sebuah text dari huruf per huruf. Jadi misalkan warna “A” adalah biru dan “B” adalah kuning jadi akan terlihat warna warni. Yang kedua adalah kita akan mewarnai semua huruf sekaligus seperti gambar diatas. Untuk mewarnai semua text seperti diatas kita menggunakan yang namanya tool gradient.

Ok untuk lebih lengkap nya saya akan menjelaskan nya menggunakan gambar. Kita mulai terlebih dahulu dengan cara pertama yakni mewarnai perhuruf.


  1. Bukalah photoshop kalian dan buatlah lembar kerjabaru
  2. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuka photoshop kalian. Seperti biasa buatlah sebuah file baru dengan klik file>new>lalu ok.
  3. Kedua ketikan DESAINCG untuk mempermudah kalian dalam mengikuti  tutorial kali ini.
    Baca Juga : Tutorial Mengedit atau Merubah Bentuk Font Dengan Photoshop

  4. Selanjutnya kita akan mewarnai perhuruf jadi block setiap huruf yang ingin diwarnai. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini. 

Nah sampai disitu kalian sudah bisa merubah warna dari huruf per huruf. Lanjut ke tutorial kedua yakni kita akan membuat text agar bewarna pelangi. Cara cukup mudah sama seperti diatas cuman kita akan memainkan gradient dari text tersebut. Apasih itu gradient ? gradient adalah gradasi warna misalnya seperti gambar paling pertama. Agar kalian paham kita akan melanjutkan tutorialnya.

  1. Pertama masih di lembarkerja tadi kita akan membuat baru text yang akan di edit. ketiklah DESAINCG untuk media belajar.
  2. Setelah itu klik kanan pada layer text desaincg yang baru kemdian klik blending options untuk lebih jelasnya silahkan ikuti gambar dibawah ini. 

  3. Dan hasilnya yang didapat. 
Sangat mudah sekali jadi jangan patah semangat untuk belajar membuatnya. Jika mengalami kesusahan silahkan tanyakan pada saya dikolom komentar. Kalian bisa merubah warna dari gradient yang ada misalkan warna bawaan dari gradient nya adalah orange kuning orange kalian dapat mengubahnya silahkan ikuti tutorial dibawah.

Baca Juga : 4 Langkah Mudah Untuk Membuat Typografi di Photoshop


Untuk mengatur kemiringan nya kalian hanya perlu mengubah pada tab angle atur brp derajat kemiringan nya. Ok sekian tutorial minggu ini jika kalian ingin menanyakan sesuatu atau ingin menyampaikan kritik dan saran silahkan komentar dibawah ini. 

0 Comments